Soal Bahasa Indonesia Kelas I SD dan Kunci Jawaban serta Kisi 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER SATU
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester  : I(Satu ) / I (satu)
Waktu                       :  07.30 s.d  08.30  WIB
Hari/Tanggal           : 
PETUNJUK UMUM :
1.         Isikan identitasmu ke dalam Lembar Jawab yang tersedia
2.         Silanglah (X) jawaban yang kamu anggap benar ke dalam Lembar Jawab
3.         Kerjakan soal UAS ini dalam waktu … menit !
4.         Periksa dan bacalah soal – soal sebelum kamu menjawabnya !
5.         Laporkan kepada pengawas, jika terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak  lengkap !
6.         Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.
7.         Periksalah kembali pekerjaanmu, sebelum diserahkan kepada pengawas!

Kerjakan soal di bawah ini dengan menyilang huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang di anggap benar!
1.   meong- meong adalah bunyi ….
a.       Kucing
b.      Kambing
c.       Kerbau
2.   andi menggembala … di sawah
a.       kambing
b.      ayam
c.       itik
3.   kita harus (bantu) korban bencana alam
 Kata yang terdapat di dalam kurung seharusnya ….
a.       dibantu
b.      membantu
c.       bantuan
4.   aku terbuat dari kayu. Ujungku runcing. aku digunakan untuk menulis, aku adalah ….
a.       buku
b.      kursi
c.       pensil
5.    aku menyebut adik perempuan ibuku dengan sebutan ….
a.       paman
b.      bibi
c.       kakek
6.   andi mendapatkan juara dalam lomba pidato, sebaiknya aku mengucapkan ….
a.       selamat ya
b.      nakal kamu
c.       kamu curang

7.   aku ramai sekali, aku tempat jual beli. Aku adalah ….
a.       rumah
b.      pasar
c.       terminal
8.       buku..
kaulah sumber ilmu
karenamu aku menjadi tahu
judul puisi di atas adalah ….
a.       buku
b.      aku
c.       ilmu
9.       anita adalah seorang … yang bersuara merdu.
titik – titik pada kalimat di atas sebainya dilengkapi menggunakan kata ….
a.       pedagang
b.      petani
c.       penyanyi
bacaan untuk soal nomor 10 - 13

semut yang tahu budi
seekor merpati sedang minum di air danau
tiba-tiba terdengar suara
“tolong-tolong!” teeriak semut
“panjatlah batang jerami ini semut” kata merpati
“terima kasih merpati”kata semut
tiba-tiba pemburu akan menembak merpati
“aku akan menggigit kaki pemburu itu” kata semut
“aduh!” pemburu menjerit
burung merpati terbang
“terima kasih kawan” kata merpati


10.   judul cerita di atas adalah ….
a.       Semut dan merpati
b.      Pemburu yang jahat
c.       Semut yang tahu budi
11.   semut meminta tolong kepada ….
a.       pemburu
b.      merpati
c.       semut yang lain
12.   merpati akan di tembek oleh seorang ….
a.       pemburu
b.      semut
c.       pembantu
13.   merpati berterima kasih kepada ….
a.       pemburu
b.      semut
c.       temannya

14.   … adalah hewan yang hidup di hutan
a.       harimau
b.      kucing
c.       ayam
15.   hewan di bawah ini menghasilkan ….
a.       bulu
b.      susu
c.       rambut
II. isilah titik – titik di bawah ini !
1.       ketika memperkenalkan diri, yang pertama kali kamu sebutkan adalah ….
2.       andi ingin naik kereta api maka andi pergi ke ….
3.       kakak memotong kertas menggunakan …
4.       aku hewan bersayap, bisa menyengat, tetapi aku menghasilkan madu, aku adalah ….
5.       ketika pagi hari, Aku bertemu bu guru, aku mengucapkan selamat ….
6.       benda yang digunakan untuk mencangkul adalah….
7.       mita sakit … karena ia malas menggosok gigi.
8.      


                                                                    …. bersinar terang di malam hari


9.                     … peliharaanmu lucu sekali

10.                                      … dinyalakan jika hari sudah malam



III. jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.       sebutkan 3 jenis benda yang dapat mengeluarkan bunyi!
.....

2.       sebutkan 3 ciri-ciri kelereng!
.....
3.       susunlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat yang benar!
a.       pagi – selamat – bu – guru
b.      ibu – ke – pasar – pergi
c.       roti – nenek – dimakan
.....
4.       buatlah tiga baris puisi tentang bunga mawar !
.....
5.       salinlah kembali kalimat di bawah ini dengan benar!
a.       kakak sedang membaca buku
b.      ayah pergi ke kantor
c.       adik bermain di taman

.....

Download Kunci Jawaban DISINI





KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (SATU)
KELAS    = I (SATU)
SK
KD
Indikator
No Soal
Jenis
Soal
1.            Memaha-mi bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
1.1 Membeda-kan berbagai bunyi bahasa
Siswa dapat menyebutkan bunyi suatu hewan
1
Pilihan Ganda
Meong- meong adalah bunyi ….
a.       Kucing
b.      Kambing
c.       kerbau
Siswa dapat menyebutkan cara memperkenalkan diri sendiri
1
Isian singkat
Ketika memperkenalkan diri, yang pertama kali kamu sebutkan adalah ….

Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat mengeluarkan bunyi
1
Uraian
Sebutkan 3 jenis benda yang dapat mengeluarkan bunyi!

1.2   Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Siswa dapat melengkapi kalimat sederhana
2
Pilihan Ganda
Andi menggembala … di sawah
a.       kambing
b.      ayam
c.       itik
Siswa dapat menyebutkan petunjuk cara naik kereta api
2
Isian singkat
Andi ingin naik kereta api maka Andi pergi ke ….
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kelereng
2
Uraian
Sebutkan 3 ciri-ciri kelereng!
1.3          Menyebut-kan tokoh-tokoh dalam cerita
Siswa dapat menyebutkan imbuhan kata sederhana
3
Pilihan Ganda
Kita harus (bantu) korban bencana alam
Kata yang terdapat di dalam kurung seharusnya ….
a.       dibantu
b.      membantu
c.       bantuan
2.                Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan infor-masi,secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pe-ngenalan benda dan fungsi anggota tubuh,dan deklamasi

Siswa dapat menyebutkan manfaat dari suatu benda
3

Isian Singkat
Kakak memotong kertas menggunakan …
2.1                Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyebutkan suatu benda dengan disebutkan ciri-cirinya
4
Pilihan ganda
Aku terbuat dari kayu. Ujungku runcing. Aku digunakan untuk menulis, aku adalah ….
a.       buku
b.      kursi
c.       pensil
Siswa dapat menyebutkan nama hewan dengan disebutkan ciri-cirinya
4
Isian singkat
Aku hewan bersayap, bisa menyengat, tetapi aku menghasilkan madu, aku adalah ….

Siswa dapat menyebutkan nama sebutan bagi adik ibu dengan benar
5
Pilihan Ganda
Aku menyebut adik perempuan ibuku dengan sebutan ….
a.       paman
b.      bibi
c.       kakek
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyebutkan ucapan selamat kepada teman dengan benar
6
Pilihan Ganda
Andi mendapatkan juara dalam lomba pidato, sebaiknya aku mengucapkan ….
a.       selamat ya
b.      nakal kamu
c.       kamu curang
5
Isian Singkat
Ketika pagi hari, Aku bertemu Bu guru, aku mengucapkan selamat ….
Siswa dapat menyusun kalimat yang di acak dengan benar
3
Uraian
Susunlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat yang benar!
a.       Pagi – selamat – bu – guru
b.      Ibu – ke – pasar – pergi
c.       Roti – nenek – dimakan

2.3                Mendeskripkan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
Siswa dapat menyebutkan suatu tempat ketika disebutan ciri-cirinya dengan benar
7
Pilihan Ganda
Aku ramai sekali, aku tempat jual beli. Aku adalah ….
a.       rumah
b.      pasar
c.       terminal

6
Isian singkat
Benda yang digunakan untuk mencangkul adalah….

2.4                Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesiai
Siswa dapat membuat puisi sederhana
4
Uraian
Buatlah tiga baris puisi tentang bunga mawar !

Disajikan sebuah puisi anak
Siswa dapat menyebutkan judul puisi anak dengan benar
8
Pilihan Ganda
Buku..
Kaulah sumber ilmu
Karenamu aku menjadi tahu


Judul puisi di atas adalah ….
a.       buku
b.      aku
c.       ilmu
3.            Memaha-mi teks pendek dengan membaca nyaring
3.1          Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Siswa dapat melengkapi kalimat yang rumpang dengan benar.
9
Pilihan ganda
Anita adalah seorang … yang bersuara merdu.
Titik – titik pada kalimat di atas sebainya dilengkapi menggunakan kata ….
a.       pedagang
b.      petani
c.       penyanyi
d.       

7
Isian singkat
Mita sakit … karena ia malas menggosok gigi.


3.2          Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks sederhana
10
Pilihan Ganda
Semut yang Tahu Budi
Seekor merpati sedang minum di air danau
Tiba-tiba terdengar suara
“tolong-tolong!” teeriak semut
“panjatlah batang jerami ini semut” kata merpati
“terima kasih merpati”kata semut
Tiba-tiba pemburu akan menembak merpati
“aku akan menggigit kaki pemburu itu” kata semut
“aduh!” pemburu menjerit
Burung merpati terbang
“terima kasih kawan” kata merpati

 Judul cerita di atas adalah ….
a.       Semut dan merpati
b.      Pemburu yang jahat
c.       Semut yang tahu budi
11
Pilihan Ganda
Semut meminta tolong kepada ….
a.       pemburu
b.      merpati
c.       semut yang lain
12
Pilihan ganda
Merpati akan di tembek oleh seorang ….
a.       pemburu
b.      semut
c.       pembantu



13
Pilihan ganda
Merpati berterima kasih kepada ….
a.       pemburu
b.      semut
c.       temannya
4.            Menulis permulaan dengan menjiplak, menebal-kan, men-contoh, melengkapi, dan menyalin
4.1 Menjiplak berbagai ben-tuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat menyalin kalimat sederhana dengan benar
5
Uraian
Salinlah kalimat di bawah ini dengan benar!
a.       Kakak sedang membaca buku
b.      Ayah pergi ke kantor
c.       Adik bermain di taman





4.4          Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan gambar
8
Isian singkat








…  bersinar terang dimalam hari.
 

9
Isian singkat

…  peliharaanmu lucu sekali
 



10
Isian Singkat

14
Pilihan ganda








             



15
Pilihan ganda








… dinyalakan jika hari sudah malam
 

… adalah hewan yang hidup di hutan
a.       harimau
b.      kucing
c.       ayam

 

Hewan di samping menghasilkan …
a.       bulu
b.      susu
c.       rambut
 
 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment